Thursday, September 30, 2010

Mobil Mewah Toyota Terbanyak Kena Razia


Mobil Mewah Toyota Terbanyak Kena Razia
Dari 104 mobil mewah impor di Batam yang diduga berdokumen palsu atau manipulatif, 54 unit di antaranya bermerek Toyota. Jumlah itu merupakan yang terbanyak dibandingkan merek lain yang terjaring.

Data tersebut disampaikan Direktur I Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Brigjen Usman Nasution dalam rapat kerja dengan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat di Kota Batam, Kamis (30/9/2010). Kegiatan tersebut berkaitan dengan pengusutan kasus dugaan pemalsuan atau manipulasi dokumen mobil mewah impor di Batam yang mulai dilakukan Mabes Polri sejak Kamis pekan lalu.

Merek berikutnya adalah Mercedez Benz sebanyak 20 unit, BMW sebanyak 18 unit, Honda sebanyak 5 unit, dan Nissan sebanyak 2 unit. Adapun merk Jaguar, Volvo, Mazda, Audi, dan Mitsubishi, masing-masing satu unit.

Mobil-mobil tersebut semuanya masih disita di Polda Kepulauan Riau guna kepentingan penyidikan. Polisi sebelumnya telah melakukan cek fisik untuk mengetahui nomor rangka dan nomor mesin.

Data fisik tersebut, menurut Usman, akan dikirim ke Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang bersangkutan. Tujuannya untuk mengonfirmasi tahun pembuatan.

Dari hasil hasil pengecekan sejumlah mobil, terbukti ada perbedaan antara fisik mobil dan formulir B yang dikeluarkan Kantor Bea dan Cukai. Contohnya, sebuah mobil sedan BMW, terdata di formulir B sebagai truk Mitsubishi. Ada pula sebuah mobil sedan Mercedez Benz, terdata di formulir B sebagai Honda Accord.

Mobil yang diduga masuk ke Batam setelah tahun 2004 tersebut dimanipulasi datanya sehingga menjadi sebelum tahun 2004 agar terbebas dari bea masuk. Ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2003 tentang Perlakuan Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah di Kawasan Berikat Daerah Industri Pulau Batam berlaku per 1 Januari 2004. Di samping itu, pajak kendaraan bermotor yang dibayar setiap tahunnya bisa lebih rendah.

Total mobil mewah impor yang masuk ke Batam setelah tahun 2004 diperkirakan Mabes Polri lebih dari 500 unit. Sebagian di antaranya ada yang merembes ke luar Batam seperti ke Jakarta.
(kompas.com)

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails Related Posts with Thumbnails

palalupeyank

Google Sandbox - Still Important To Success